5 Tips Sukses Memulai Bisnis

Sebelum memulai atau berencana membuka suatu bisnis sebaiknya terlebih dahulu anda harus tanyakan kepada diri anda sendiri, apa tujuan anda? apakah anda ingin jadi pengusaha? apakah anda pengen jadi enterpreneur sukses? lalu apakah anda juga mengetahui bahwa banyak disana juga calon pengusaha yang gagal? bahkan apakah anda menyadari bahwa menurut survey ada 80% pengusaha yang lima tahun pertama menjalankan
bisnisnya ternyata gagal atau tidak bisa survive ditahun berikutnya.

Jika anda memang bertekad bulat dan yakin akan jalan yang anda tempuh untuk menjadi seorang entrepreneur, maka berikut adalah 5 Tips atau cara yang akan menjadi pedoman anda dalam membangun sebuah bisnis.

Fokuslah Pada Passion Anda / Hobi

Passion merupakan suatu perasaan dalam bertindak dan berkarya dengan penuh semangat dan menikmati pekerjaan yang dilakukanya sehingga mencapai hasil yang maksimal. Sedangkan hobi adalah sesuatu adalah interesting anda atau ketertarikan anda pada suatu pekerjaan yang sangat anda nikmati dan anda minati.

Setiap orang pasti memiliki ketertarikan, minat dan bakat tertentu pada suatu bidang pekerjaan ituah yang disebut passion dan hobi untuk itu asahlah hobi anda agar menjadi expert atau master dalam bidangnya.

Hubungkan Hobi Anda Terhadap Nilai Manfaat

Maksudnya adalah seberapa besar manfaat dari hobi anda terhadap orang lain atau lingkungan anda, karena pada dasarnya setiap hasil pekerjaan pasti memiliki dampak manfaat bagi, setidaknya bagi komunitas atau kelompok dari pecinta hobi handa. sebagai contoh anda memiliki hobi memancing maka tidak menutup kemungkinan anda untuk membuka usaha kolam pemancingan, dari kolam pemancingan yang anda bangun akan bermanfaat bagi para pemancing untuk refreshing melalui hobi memancing dikolam anda.

Fokus Kepada Siapa

Siapa disini adalah mereka yang tertarik dari produk anda yang berasal dari hobi anda, inilah yang bisa dijadikan  target market anda. anda harus bisa menentukan target market anda karena anda sendirilah yang mengetahui karakteristik target anda berdasarkan sense of interesting produk-produk yang anda ciptakan,

Fokuslah Kepada Solusi

Menjual produk bukanlah serta merta memikirkan profit semata, namun lebih dari itu adalah memberikan solusi permasalahan dari apa yang customer atau pembeli hadapi, untuk itu jadilah problem solver  Misal target anda adalah orang-orang yang benar-bener membutuhkan solusi jasa atau produk yang anda buat (jadilah problem solver) ukuran atau parameter yang menjadikan bisnis anda sebagai problem solver adalah Before dan After, artinya sebelum menggunakan jasa atau produk anda bagaimana dan setelah menggunakan jasa atau produk anda bagaimana, dan jika setelah mereka menggunakan produk anda masalah mereka teratasi itu berarti produk anda layak disebut sebagai problem solver.

Fokuslah pada 4P Marketing

Philips Kotler pencetus 4P benar-benar menciptakannya dengan luar biasa, 

a) Product

Langkah awal dalam membangun bisins yang akan ditawarkan pada umumnya adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Cara termudah adalah dengan membandingkan langsung produk sejenis seperti yang ingin dijual, dengan cara melalui riset kecil-kecilan ke target pasar mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Hasil dari riset tersebut diharapkan memberikan informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan dimasukinya dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar.

b) Price

Menentukan harga bagaimanakah harga produk atau jasa dapat diterima oleh pasar? Cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk tersebut. masing-masing produk memiliki berbagai komponen biayanya. Menentukan harga berdasarkan biaya dilakukan dengan menambahkan presentase margin tertentu ke biaya produk, dan presentase tersebut dianggap sebagai keuntungan. Persentase didapatkan sesuai dengan rata-rata margin di pasaran. Menggunakan metode ini memiliki kelemahan sendiri. Produk akan mengalami krisis keunikan (uniqueness) dimana keunikan yang memiliki daya pembeda produk dari saingannya luput diperhitungkan. Keunikan justru mampu membantu produk agar memiliki harga premium di pasar.

c) Placement

Tidak kalah penting adalah mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Pada beberapa industri, misalnya ritel atau restoran, masalah penempatan berarti sangat penting. Ungkapan “Lokasi, Lokasi, Lokasi” sebaiknya sangat diperhatikan oleh wirausaha, karena bisa jadi pemilihan lokasi tempat usaha yang buruk dapat berakibat langsung kepada kegagalan dari usaha yang dijalankan.

d) Promotion

Aspek penting lainnya adalah mengenai promosi dari produk. Bagaimana suatu produk akan dikenalkan ke pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya. Salah satu cara berpromosi efektif adalah dengan beriklan. Bagi wirausaha yang baru memulai bisnis, iklan dilakukan dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi-nya. Untuk mendapatkan efektifitas beriklan sebaiknya dilakukan pemilihan media iklan yang benar-benar cocok dengan karakter target pasar dari produk. Pada tahap-tahap awal memulai bisnis, sebaiknya masalah biaya mendapat perhatian khusus agar tidak menjadi ganjalan dalam operasional usaha. Tentukan juga tujuan dari promosi, apakah untuk menciptakan kesadaran merek atau dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan. Jangan lupa untuk mengukur hasil dari setiap kegiatan promosi yang dilakukan, apakah sesuai dengan harapan atau masih perlu perbaikan untuk kegiatan promosi berikutnya.

Demikianlah Tips usaha bagi anda pebisnis pemula.

 

Share