7 Model Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Siapa yang tidak mau menjadi pengusaha sukses dengan penghasilan Milyaran perbulan?, dapat dipastikan jawabanya adalah setiap orang pasti mendambakan menjadi seorang pengusaha yang sukses, namun pertanyaanya adalah apakah iya semua orang bisa mencjadi pengusaha sukses? tentu saja bisa. Yang menjadi masalah adalah bagaimana dan darimana harus dimulainya?. Ok petunjukbisnis.com kali ini seperti biasa tetap membahas tentang bisnis online.

Pertanyaan muncul kenapa harus bisnis online? kenapa bukan bisnis konvensional?. Hal ini karena saya ingin mengajak atau lebih tepatnya menghimbau kepada pembaca petunjukbisnis.com untuk menyadari bahwa perkembangan teknologi komunikasi yang di motori teknologi internet tidak dapat dibendung arus perubahanya yang hampir merubah semua lini tatatana kehidupan manusia modern seperti sekarang. Perlu kita sadari bahwa semakin cepat kita merespon arus perkembangan zaman itu adalah satu langkaah poin kesuksesan dalam hidup.

Bisnis online masih tetap menjadi opsi pertama dalam menciptakan pundi-pundi penghaasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bisnis Online adalah gambaran bisnis orang-orang modern yang terbukti mampu menciptakan pendapatan mencapai angka yang fantastis. Lantas apakah bisnis Online itu membutuhakn modal yang besar? tentu jawabanya tidak harus, kalo untuk membutuhkan modal pasti benar, semua bisnis pasti dibutuhkan modal.

Paradigma masyarakat kita sudah tersetting bahwa bicara modal untuk membangun bisnis diasosiasikan dengan Uang dan uang, semakin besar tingkat kesuksesan bisnis yang akan diraih, maka harus besar pula modal uang yang harus dikeluarkan. paradigma semacam itu harus kita kikis habis perlahan-lahan. Kita hidup diera milenium dimana
informasi dan teknologi komunikasi terbuka luas, jangan sampai kita menutup pengetahuan yang hanya akan merugika diri kita sendiri. kreatifitaslah yang akan menjadi penentu dalam bisnis yang akan kita bangun.

Bisnis Online tidak perlu mengandalkan modal besar, kalopun mengeluarkan modal memang tidak dapat kita pungkiri ada modal yang harus kita keluarkan, namun modal tersebut sangatlah kecil jika dibandingkan dengan potensi pendapatanya.

Berikut adalah 7 Jenis Model bisnis Online yang dapat mendatangkan penghasilan besar dengan modal kecil, diantaranya

1.  Dropshipper dan Reseller

Kedua sistem ini merupakan jenis model sitem yang sangat mudah untuk dijalankan oleh para pebisnis bahkan untuk pebisnis online yang tergolong pemula

Dropshipper:

Sistem dropship yang pelakunya sering di sebut Dropshipper adalah salah satu sistem jual beli online yang mana untuk menjalankan bisnis online dengan sistem ini anda tidak memerlukan modal sepeser pun, karena dengan menjalankan sistim ini, tidak menyediakan stok barang. Kita hanya menawarkan informasi berupa foto atau lainnya kepada konsumen, jika konsumen tertarik untuk membeli, barang akan dikirim langsung dari pihak supplier atau distributornya.

Lalu dari mana dropshiper akan mendapatkan keuntungan ? Meski tidak menyediakan stok barang, konsumen yang membeli, akan membayar kepada dropshipper terlebih dahulu, karena konsumen tidak mengetahui informasi suppliernya. tentunya dengan harga yang sudah di tambahkan untuk keuntungan. Selanjutnya pembayaran tersebut akan di lanjutkan kepada supplier yang memiliki produk dengan harga yang sudah di sepakati.

Dengan sistem dropship maka anda tidak memerlukan tempat untuk barang yang akan anda jual. Bahkan, anda pun tidak perlu mengirim barang yang anda jual kepada pembeli, sebab hal ini akan dilakukan oleh supplier. Peran dropshipper hanya sebagai sales atau marketer, dan tetap akan mendapatkan keuntungan tiap terjadi penjualan.

Sebagai gambaran jika anda menjalankan sistem dropship, adalah sebagai berikut:

  1. Anda sebagai Dropshipper harus menentukan partner bisnis yang menjual stok barang tertentu yang memiliki potensi penjualan yang tinggi. Untuk hal ini anda bisa mencarinya lewat online.
  2. Anda juga harus mendapatkan izin dari pemilik barang. Dan saat ini biasanya sudah banyak penjual yang membuka peluang dropship.
  3. Jika sudah disetujui maka selanjutnya adalah anda tinggal mengambil gambar-gambar produk yang ingin anda jual kembali. Kemudian anda bisa langsung memasarkan barang tersebut dengan menaikkan sedikit harga barangnya.
  4. Setelah ada yang memesan barang tersebut dan sudah melakukan pembayaran, maka anda bisa langsung hubungi supplier yang memiliki barang dan membayarkan sesuai harga awal yang sudah di sepakati.
  5. Kemudian supplier anda akan mengirim barang dengan mengatasnamakan nama pengirimnya adalah anda sebagai dropshiper.

Dari penjelasan di atas tentu bisa dikatakan bahwa untuk menjalankan bisnis online sistem dropship relatif sangat mudah dan sangat menguntungkan. Sistem ini juga tidak membuat anda merugi ketika tidak ada penjualan barang. Sebab, sebenarnya anda tidak memiliki barang sama sekali.

Sistem Reseller:

Sedikit berbeda dengan sistim dropship, Reseller menyediakan stok barang terlebih dahulu untuk di jual kembali kepada konsumen. Stok barang didapat dari produsen sebuah produk, dan pihak reseller akan membeli dengan jumlah banyak atau grosir agar mendapatkan harga yang murah.

Sistim ini lebih sederhana untuk dijalankan hanya saja akan membutuhkan sejumlah modal, akan tetapi keuntungan biasanya lebih bisa banyak didapatkan di banding dengan menjalankan sistim dropship, karena produsen bisa memberikan harga yang lebih murah.

Maka dari itu dengan menjalankan bisnis online sistim reseller ini, selain bisa menjual langsung produknya kepada konsumen, bisa juga berpeluang merekrut para dropshipper yang akan membantu meningkatkan pemasaran, sehingga penjualan produk bisa lebih besar.

Langkah-Langkah Menjadi Dropshipper dan Reseller

  1. Menentukan jenis barang yang akan kita jual.
  2. Mempelajari produk knowledge dengan seksama.
  3. Menetapkan Standar kualitas dan demografi.
  4. Mencari dua atau lebih sipplier yang memang membuka reseller atau droppshipper.
  5. Menentukan platform apa yang akan kita gunakan.
  6. Memulai promosi dengan mengupload barang yang akan anda jual (melalui medias sosial, Facebook, Instagram, Twitter, Path, dll)

Modal yang Dibutuhkan:

Modal ini tergantung jenis produk yang dijual, pada umumnya modal yang biasa dipakai :

  • Smartphone (berbasis android, ios)
  • Paket Data (internet)
  • Laptop atau Peronal Computer (tidak harus)

2.  Online Personal Shopper

Diluar negeri sana terdapat profesi baru yang telah banyak dilakukan orang dengan cara memberikan jasa untuk menjadi pembelanja pribadi sekaligus memberikan masukan dan saran kepada konsumen. Profesi ini dikenal sebagai Personal shopper. Seorang online personal shopper harus memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang produk yang diinginkan klien sekaligus kemampuan komunikasi bisnis yang baik.

Contoh, klien Anda akan membeli satu unit PC yang akan dia pakai untuk mengetik, Internet, dan presentasi. Bujet yang dia sediakan sekitar 4 juta rupiah. Ia tidak peduli tentang merek, kapasitas RAM, HDD, dan lain sebagainya karena memang tidak terlalu paham. Tugas Anda sebagai online personal shopper adalah mencari laptop sesuai kriteria yang diinginkan sekaligus di mana membelinya.

Lalu dari Mana Penghasilanya?
Komisi. Anda bisa menetapkan persentase dari harga barang atau komisi flat.

Di mana membeli barang yang dibutuhkan klien?

Beberapa online personal shopper berafiliasi dengan e-commerce atau toko offline, beberapa tidak berafiliasi dengan toko mana pun namun memiliki koneksi dan jaringan yang luas.

Bagaimana sistem pembayarannya?
Anda yang menetapkan. Bisa dengan cara mendapatkan pembayaran terlebih dahulu dari klien, atau kalau Anda berafiliasi dengan e-commerce, Anda bisa memesankan sehingga klien hanya perlu melakukan pembyaran.

Jenis Barang atau Jasa?
Tergantung wawasan dan keahlian Anda. Bisa saja berupa personal shopper khusus fesyen dan kosmetik, khusus elektoronik, furnitur, dll.

Modal yang Diperlukan:

  • Smartphone atau laptop.
  • Internet.
  • Database klien, produk, e-commerce, dan toko offline.

Langkah-Langkah Menjadi Online Personal Shopper

  1. Personal shopper berbasis kepercayaan. Jadi yang pertama kali harus Anda bangun adalah personal identity Anda.
  2. Miliki relasi yang luas.
  3. Karena ini profesi yang masih jarang, sebaiknya Anda membuat peraturan yang bisa diakses oleh klien atau calon klien.
  4. Promosi di mana? Bisa di media sosial atau blog.

3.  Garage Seller

Kegiatan menjual barang yang tak terpakai ini sangat populer di masyarakat Amerika sejak pertama kali dikenal. Tujuan awal garage sale tersebut memang tidak sengaja karena bertujuan untuk mengurangi jumlah barang-barang saat seseorang memutuskan untuk pindah rumah dan tempat tinggal. Tak disangka, respon pembeli cukup banyak dan tentunya menambah kocek dari barang bekas tersebut.

Menjual barang second yang sudah tak terpakai namun masih layak pakai ini adalah salah satu usaha yang dapat menguntungkan sekarang ini dimana demand atau permintaan pasar akan selalu ada. Belanja garage sale juga amat digemari oleh para pecinta belanja. Sebuat saja mulai dari baju, perhiasan aksesoris, alat rumah tangga sampai furnitur layak pakai adalah beberapa barang yang masuk ke dalam kategori barang yang biasanya kita temukan di garage sale.

Peluang bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar karena dalam bisnis garage sale kita dapat meminimalisasi biaya atau modal dalam menjalankannya. Apa aja emang modalnya?

1.  Tempat
Tempat ini biasanya bertempatkan di garasi rumah Anda. Namanya aja garage sale, konsepnya Anda berjualan di halaman atau garasi rumah, kecil atau besarnya garasi selama itu bisa dijadikan tempat yang layak buat memulai bisnis garage sale kenapa tidak Anda lakukan? Walaupun tempat yang kecil, Anda bisa mengatur kapasitas barang yang akan Anda jual disana, jadi bukanlah masalah besar kalo tempat garasi Anda kecil atau besar.

2. Tidak perlu stock barang.
Terus apa yang kita jual? Ya benda atau barang, bedanya Anda disini hanya menjualkan barang-barang orang yang dititipkan sama Anda, mengenai komisi, biaya penitipan barang, itu kesepakatan Anda dengan pemilik barang tersebut. Barangnya di dapatkan dari mana? Barang-barang itu bisa Anda dapat dari tetangga, Anda jelaskan bahwa Anda menyediakan tempat untuk dijadikan penjualan barang-barang yang biasa disebut garage sale. Biasanya apa aja yang ada di garage sale? Ada meja,lemari,kursi, sampe alat musik juga ada. Karena setiap orang yang menitipkan barangnya untuk dijual pasti berbeda-beda kan. Enaknya Anda tidak perlu repot kan buat beli barang untuk  dijual, Anda bisa dapetkan barang-barang tersebut bisa dari tetangga, atau promosiin online jika Anda menyediakan tempat untuk garage sale.

3. Gak repot.
Iya Anda tidak akan repot, karena Anda kan buka usahanya dirumah Anda sendiri, Anda bisa bebas mengatur waktu buat berjualan sesuai keingan Anda sendiri. Dan orang juga berdatangan, Anda cuman perlu duduk jagain halaman atau garasi rumah. Apa lagi yang namanya garage sale harganya tidak terlalu mahal, pasti banyak orang yang akan mampir buat ngeliat barang-barang yang Anda jual.

4. Menguntungkan.
Kenapa? Dari segala semua yang Anda butuhkan udah bisa dibilang menguntungkan buat Anda. Apa lagi kalo Anda tau nilai jual dari barang yang Anda jual itu bisa nguntungin buat Anda. Misalnya apa sih? Anda dititipkan orang untuk menjual 1 kursi makan yang masih bagus dan mulus  dan memiliki model yang bagus dengan harga 500ribu. Karena kursi makan tersebut masih bagus dan mulus Anda bisa menjualnya dengan harga 750ribu. Dan itu sudah menguntungkan bukan? Anda tidak perlu modal, hanya menjual barang orang tapi Anda dapet 250ribu. Dan garage sale bakal rame, kenapa? Karena identik dengan nilai jual barang yang rendah. Contoh kursi makan tadi. Di toko-toko furniture belum tentu orang bisa mendapatkan kursi makan dengan harga 750ribu dengan model yang bagus, dan kondisi baru.(vaa)

4.  Payment Agent

Usaha rumahan modal kecil namun belum banyak persaingan kira-kira apa ya ?. Jika anda sedang mencari jenis usaha tidak ada salahnya anda mencoba membuka Usaha Rumahan Loket Pembayaran Listrik Online. Usaha ini disebut sebagai Payment Agent hanya memerlukan modal yang kecil dan semua orang bisa menjalankannya karena sangat mudah bahkan orang awam pun bisa asalkan ada niat dan sungguh-sungguh. Hanya bermodalkan 1 unit komputer dan printer kita sudah bisa mendirikan bisnis loket pembayaran  listrik / PLN Pascabayar. Bisnis loket ini merupakan bagian dari PPOB sehingga juga tersedia produk lain yang bisa anda jalankan seperti pembayaran BPJS Kesehatan, Pdam, Pembayaran Kredit Motor, tagihan seluler,adira, Multi Finance, Telkom group, Tv berbayar dan lain-lain.

Salah satu alasan kenapa bisnis loket pembayaran online menguntungkan adalah karena masyarakat sangat membutuhkan fasilitas pembayaran yang dekat dan cepat. Selain Faktor lokasi yang dekat, dari sisi waktu juga mempengaruhi karena biasanya masyarakat tidak mau antri di loket pembayaran yang ramai dan menunggu sampai berjam-jam. Apalagi pada tanggal 15 – 20, biasanya masyarakat berdatangan untuk membayar listrik.

Apalagi di pedesaan yang jauh dari kantor pelayanan PLN, PDAM, Telkom, Adira, atau jasa keunganan seperti Wom Finance, FIF dll. Tidak terbayang banyaknya yang mengangsur kredit motor, membayar air PAM dan lain-lain. Apalagi tempatnya yang jauh dari rumah maka mereka akan lebih baik memilih yang dekat jika itu mungkin adalah loket anda.

Usaha Rumahan Loket Pembayaran Listrik Online

Adapun Syarat-syarat untuk membuka usaha rumahan loket pembayaran online ( Listrik dkk) adalah sebagai berikut :

1.    Berada dikawasan pelayanan PLN
2.    Memiliki tempat usaha
3.    Memiliki Perangkat Komputer ( Laptop)
4.    Mempunyai Koneksi Internet yang memadai (speedy , gsm , cdma)
5.    Memiliki printer

Setelah syarat diatas terpenuhi maka selanjutnya adalah mendaftar menjadi MITRA usaha loket pembayaran online. Anda bisa mencarinya di internet atau bisa juga datang ke lokasi agen pembayaran online di sekitar tempat tinggal Anda.

Keuntungan usaha loket pembayaran rekening listrik dll

Keuntungan yang didapatkan dalam bisnis pembayaran online ini tergantung dari jumlah orang yang membayar listrik, membayar angsuran atau sejenisnya dan besarnya FEE yang anda peroleh dari setiap pembayaran. Semakin banyak penyetor dana maka semakin besar keuntungan yang anda peroleh.

 Berikut ini adalah contoh fee yang anda dapat untuk masing-masing jenis pembayaran :

    •    Fee / Biaya Pembayaran listrik perbulan    = Rp 2.000
    •    Fee / Biaya telpon atau speedy  perbulan    = Rp 1.500
    •    Fee angsuran motor           = Rp 5.000
    •    Biaya Jasa Keuangan  FIF  = Rp 2.500
    •    Biaya Pembayaran PDAM = Rp 3.000

Dari contoh fee atas pembayaran diatas , Keuntungan loket pembayaran online bisa kita hitung misalkan dalam 1 bulan ada 100 orang yang membayar tagihan listrik maka 100 x 2.000 = Rp. 200.000 .  Sedangkan pembayaran PDAM ada 150 jadi 150 x 3.000 = 450.000 . begitu juga untuk penghitungan jasa FIF dan Angsuran motor.  Sehingga untuk total keuntungan yang anda peroleh dari Pembayaran Tagihan Listrik dan Pembayaran PDAM saja adalah 200.000 + 450.000 = Rp. 650.000. Itu belum termasuk penghitungan  pembayaran Telpon atau speedy, Angsuran Motor dll. Sedangkan anda hanya bermodal komputer, Listrik, Printer, Kertas Struk, internet  dan paling tidak pengeluaran anda sebulan adalah Rp 200.000 .

Usaha rumahan loket pembayaran online ( listrik dkk ) ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga , karyawan , pelajar, mahasiswa dan Siapapun yang ingin berbisnis. Tak ada salahnya bukan jika Anda membuka usaha loket pembayaran online dan bisnis ini tergolong masih sedikit jumlahnya.

5.  Craft-er

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengenal atau bahkan sudah menekuni dunia yang satu ini. Ya, dunia crafter, dunianya orang-orang kreatif yang selalu memiliki ide yang dapat disajikan dalam bentuk kerajinan tangan. Pada dasarnya, crafter adalah sebutan untuk orang-orang yang berkreasi dengan menggunakan bahan-bahan tertentu misalnya kain, benang, pita dan bahan-bahan lain untuk dijadikan karya yang menarik. Jadi, jika ada yang mengasosiasikan crafter dengan perajin dengan satu bahan tertentu, maka hal itu kurang tepat.

Satu hal yang menarik menganai crafter adalah penghasilan yang cukup menjanjikan yang bisa diperoleh oleh para pelakunya. Dari satu hobi membuat pernak pernik, seorang crafter bisa menjual produknya kepada konsimen yang tertarik membelinya atau menjadi penyuplai produk untuk dijual lagi oleh para reseller. Nominal yang diperolehpun beragam tergantung seberapa serius para crafter tersebut menekuni bisnis sampingan ini. Fakta menarik mengenai dunia crafter  ini menjadi bukti bahwa sebuah hobi bisa saja menjadi sebuah profesi yang menjanjikan keuntungan, menyenangkan bukan?

Nah, jika anda tertarik untuk menggeluti bidang ini, ada baiknya anda menyimak beberapa tips yang bisa membantu anda sukses menggeluti dunia para crafter.

  1.  Untuk menjadi seorang crafter, kreatifitas adalah hal mutlak yang anda butuhkan. Yang perlu anda ingat adalah, kreatifitas itu sudah ada pada diri anda tinggal bagaimana anda mengembangkan kreatifitas tersebut dengan melakukan eskeperimen-ekseperimen dalam berkreasi. Ingat, jika anda mengalami kegagalan, berarti anda telah belajar satu hal yaitu tidak mengulangi kesalahan yang sama dan berusaha memperbaiki kesalahan tersebut.
  2. Tingkatkan kemampuan anda dalam berkreasi dengan mencari informasi di sekitar anda. Jika anda seorang pengguna internet aktif, ada baiknya anda mencari referensi-referensi mengenai teknik-teknik yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kualitas karya anda. Jangan ragu untuk bergabung dengan forum atau grup yang sudah ada di jejaring sosial seperti Facebook. Hal ini sangat berharga karena anda bisa berdiskusi dengan rekan-rekan sehobi. Satu hal yang harus anda jaga adalah etika berkomunikasi dan berinteraksi dengan crafter yang lain. Sekali anda menyalahi etika, kemungkinan besar jalur komunikasi anda akan terputus baik dengan sesame crafter maupun dengan para konsumen anda.
  3.  Upayakan anda memiliki satu atau dua jenis barang sebagai signature crafts. Maksudnya adalah, anda mempunyai kreasi yang akan sangat sulit ditiru oleh crafter lain. Salah satu contohnya adalah crafter dengan signature craft berupa miniatur Vespa berbahan dasar kain flannel, kain perca batik, mika bekas, dll dengan tingkat kesulitan yang tinggi sehingga crafter lain belum ada yang bisa meniru walaupun sudah diberi tutorial.
  4. Jika anda telah memproduksi banyak barang, anda bisa memanfaatkan forum atau grup tersebut untuk memasarkan produk anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk anda dan menawarkannya dengan harga yang wajar. Jangan menjualnya dengan harga terlalu tinggi karena beresiko produk anda tidak laku. Jangan pula menjualnya terlalu rendah karena bisa menimbulkan konflik dengan crafter lain. Berkompetisilah dengan berkreasi!

6.  Afiliasi

Dewasa ini, bisnis afiliate marketing sangat banyak digemari oleh pelaku bisnis online. Disamping mudah untuk menjalankannya, kerjasama afiliasi ini juga sangat efektif dan efisien dalam hal pengeluaran untuk pemasaran, promosi produk / jasa, iklan dan lain sebagainya yang diberikan kepada pihak ke 3.

Peluang usaha affiliate marketing merupakan salah satu bisnis online tanpa modal sepeserpun untuk sobat jalankan. Program bisnis afiliasi marketing saat ini, telah menjadi trend yang sangat menggiurkan buat sobat sekalian yang ingin memonetisasi blog / websitenya.

Tetapi tidak juga menutup kemungkinan jika sobat tidak memiliki sebuah blog / website sendiri. Sobat juga dapat memulai usaha afiliasi ini melalui media – media sosial lainnya. Seperti email, facebook, twitter, instagram, path, bbm, line, dan media lain sebagainya.

Sebelum kita membahas untuk cara memulai usaha afiliasi serta menjalankan program bisnis ini, ada baiknya kita mengenal, apa itu bisnis afiliasi.

Apa Itu Bisnis Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu program yang dibuat oleh individu / perusahaan (sebut saja vendor) untuk memasarkan / mengembangkan produk usahanya melalui kerja sama dengan pihak ke 3. Dengan kata lain, media iklan (melalui kita) gratis yang digunakan vendor untuk memasarkan produk / jasanya, dan jika produk / jasanya laku terjual maka akan berbagi komisi dengan kita. Dan sebaliknya, jika produk / jasanya tidak terjual melalui refrensi kita, maka kita tidak akan mendapatkan komisi.

Cara Kerja Sistem Afiliasi Marketing

Singkatnya, cara kerja program afiliasi marketing ini adalah dimulai dari sobat mendaftar di toko / perusahaan yang menyediakan program afiliasi (vendor). Jika sobat diterima dan disetujui untuk bekerja sama pada program afiliasi ini, langkah selanjutnya ialah sobat dapat memulai memasarkan produk atau jasa dari vendor yang  bekerjasama dengan sobat. Apabila sobat telah berhasil menjual produk / jasa milik vendor (toko / perusahaan pemberi program afiliasi), barulah sobat sekalian akan mendapatkan komisi dari program tersebut.

Media yang digunakan untuk menjalankan program afiliasi ini, biasanya menggunakan sebuah blog / website, melalui email, iklan, promosi melalui media sosial. Biasanya sobat sekalian akan diberikan sebuah link (kode iklan) akan sebuah produk / jasa dari vendor.

Link / kode / script iklan ini pasti memiliki kode referensi id afiliate sobat, atau dengan kata lain link milik sobat sendiri, yang dapat sobat promosikan kapanpun dan di media sosial apapun. Dimana, jika ada pembelian dari iklan (sesuai dengan refrensi) sobat, disinilah sobat akan mendapatkan komisi.

Rentang komisi yang diberikan pun antara 30% sampai 60%. Dan ada juga vendor yang akan memberikan komisi pasive income, jika ada konsumen yang memperpanjang kontraknya (biasanya berupa jasa) dengan vendor afiliate sobat, biasanya komisi pasive income yang diberikan rentang antara 10% sampai 20%.

Tahapan untuk sistem afiliasi melalui sebuah blog / website

Dikarenakan untuk menjalankan sistem usaha afiliasi ini, cenderung lebih flexibel dan lebih efektif jika menggunakan sebuah blog / website (tetapi tidak menutup kemungkinan, untuk menjalankan usaha ini melalui media lainnya juga). Maka, disini saya akan memberikan tahapan untuk menjalankan sistem bisnis usaha afiliasi ini melalui sebuah website / blog.

  • Sobat membuat sebuah blog / website (4 Tahapan Simple Dalam Untuk Membuat Blog).
  • Build blog / website sobat agar ramai yang mengunjungi (viewer) serta perbanyak artikel.
  • Sobat mendaftar ke program afiliasi di salah satu perusahaan / toko online yang terpercaya membayar.
  • Jika disetujui, sobat memasang iklan afiliasi pada website / blog sobat.
  • Kemudian, jika ada yang membeli produk / jasa dari iklan yang sobat tampilkan di blog / website sobat, disitu sobat akan mendapatkan komisi.

Keuntungan mengikuti / menjalankan bisnis afiliasi

Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita menjalankan bisnis program afiliasi.

  • Biasanya pendaftaran untuk menjadi member afiliasi di salah satu vendor ini, tidak dipungut biaya atau free.
  • Mendapatkan website replika atau website yang sama persis dengan vendor afiliasi, dimana sobat akan mendapatkan link refrensi milik sendiri untuk memasarkan produk / jasa vendor.
  • Komisi / penghasilan yang ditawarkan relatif lebih besar dibandingkan memasang iklan ppc (pay per click), ppv (pay per view), dan iklan – iklan lainnya.
  • Pembayaran komisi dari program afiliasi ini langsung dan otomatis jika terjadi penjualan produk / jasa milik vendor yang berasal dari link refrensi milik sobat.
  • Produk / jasa yang akan ditawarkanpun biasanya beragam jenis dan fungsinya, jadi kita bebas memilih produk / jasa apa yang cocok dengan minat.
  • Sistem kerjanya relatif flexibel dan yang jelas tidak ada target penjualan, sebab komisi yang akan didapat dikarenakan adanya penjualan dari produk / jasa vendor.

Ada banyak vendor – vendor yang terpercaya untuk dipilih dan bekerjasama dalam program afiliasi ini sob. Tetapi harus waspada dalam memilih vendor untuk program afiliasi ini. Jangan sembarangan dalam memilih vendor. Disini saya akan merekomendasikan beberapa vendor yang terpercaya dan membayar sesuai dengan sistem dan syarat ketentuan yang berlaku dari vendor.

  • amazon.com.
  • blibi.com.
  • rumahweb.com.
  • niagahoster.co.id.
  • lazada.com.
  • hostinger.co.id.
  • ratakan.com.
  • bhineka.com.
  • clickbank.com.

Silahkan sobat mencari di google, dengan keyword nama vendor diatas serta ditambahkan afiliasi untuk vendor Indonesia dan affiliate untuk vendor luar Indonesia. Misalnya amazon affiliate. Sobat sekalian dapat mencoba mendaftar dalam program afiliasi ini.

Dalam memilih vendor afiliasi ini, memanglah pekerjaan yang agak sulit untuk dijalankan. Dan juga untuk disetujui bergabung dengan program afiliasi bersama vendor yang terpercaya adalah tidaklah mudah.

7.  Temen Jalan/ Tour Guide

Jika Anda punya hobi traveling dan tahu tempat-tempat asyik dan unik untuk dikunjungi, Anda bisa mulai memikirkan bisnis di bidang ini. Temen jalan agak-agak mirip dengan travel agent, tapi dikelola oleh personal, bukan perusahaan. Semacam open trip gitu, deh. Mula-mula, Anda bisa menentukan destinasi, anggaran biaya, fasilitas apa saja yang Anda sediakan, lalu promosikan di media sosial atau blog yang Anda miliki. Atau, Anda juga bisa menyediakan tenaga untuk menjadi guide bagi rombongan yang akan berangkat ke destinasi tertentu.

Share

Wirtoyo Author