Bisnis Kembang di Kota Kembang

Bandung adalah ibu kota proponsi Jawa Barat, banyak julukan yang disematkan di Kota ini, dikenal sebagai kota kembang dan juga paris van java, kota budaya dan pelajar juga cocok untuk sebutan kota ini, banyaknya seniman dan artis lahir dari sini, hal ini dikarenakan perkembangan industri kreatif yang pesat.
 
Dari tingkat perkembangan ekonomi kota Bandung cukup mampu menyeimbangkan pergerakan perekonomian daerah, dengan dukungan sumberdaya alam yang ada, dengan dukungan kebijakan pemerintah terhadap perkembangan industri kreatif, dan pemanfaatan potensi yang ada dari tiap-tiap sektor yang memiliki nilai ekonomi.
 
Semangat serta jiwa enterpreneur yang dimiliki sebagian masyarakat kota Bandung menjadi faktor penentu peningkatan dan perkembangan ekonomi kota ini, dari berbagai sektor yang ada, mulai dari sektor pertanian, sektor pariwisata, sektor industri, sektor pendidikan dan sektor lain yang menopang sendi sendi perekonomian kota Bandung.
 
Salah contoh sektor pertanian dari berbagai jenis pertanian yang ada adalah pertanian tanaman bunga, berbagai jenis tanaman bunga memang dihasilkan dari daerah sekitar kota Bandung salah satunya adalah Lembang Jawa Barat, dari sumber daya dan potensi yang ada, para pengusaha menangkap peluang ini sebagai potensi bisnis, maka munculah banyak toko bunga yang ada di kota Bandung.
 
Toko Bunga Bandung atau Florist Bandung, tumbuh pesat di kota ini, Pusat Bunga Tegallega yang berada di Jl. Mohammad Toha Bandung adalah salah sentra bunga yang ada di kota Bandung, deretan kios kios penjual bunga yang berada disentra bunga ini hampir tiap hari rame oleh banyaknya pesanan, baik dari dalam kota maupun dari luar kota.
 
Monalissa Florist dan Raka florist adalah salah satu Toko Bunga Bandung yang menempati kios pusat bunga tegal lega, dikatakan oleh pemilik florist ini, bahwa usaha yang dirilis sejak tahun 2010 awalnya hanya orderan untuk beberapa teman saja, dan produksinyapun hanya di kerjakan dari rumah, lambat laun seiring dengan perkembangan waktu, memberanikan diri untuk mempromosikan hasil karyanya kebeberapa kantor, dan berhasil menjadikan beberapa kantor tersebut sebagai langganan rangkaian bunga meja.
 
Kemajuan teknologi informasi melalui internet tidak dapat dipungkiri memberikan dampak luas terhadap dunia bisnis, disusul dengan perkembangan media sosial yang sudah merubah gaya komunikasi masyarakat modern juga tidak terbantahkan efek bisnisnya, melalui kemajuan ini Monalissa florist dan raka florist memanfaatkan teknologi internet, sehingga usaha floristnya awal tahun 2012 dionlinekan dengan membuat website toko online www.pesanbungabandung.com untuk monalissa florist dan www.rakaflorist.com untuk raka florist.
 
Toko bunga online yang dibangun oleh Monalissa Florist membuka pasar lebih luas, karena tidak hanya mencakup wilayah kota bandung saja namun juga seluruh wilayah Indonesia, bahkan pernah mendapatkan pesanan dari salah satu staff kedutaan Indonesia yang bertugas dimalaysia untuk pesanan rangkaian bunga papan duka cita. Konsep bisnis online toko bunga ini adalah memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan website toko bunga ini untuk memberikan pilihan dan aneka jenis rangkaian bunga papan, baik itu bunga papan ucapan selamat, bunga papan duka cita, bunga papan happy wedding atau pernikahan, hand bouqet, table bouquet, standing flower dan aneka bunga rangkaian lainnya.
 
Pemesan yang dari luar kota, semisal Jakarta, kalimantan, makassar dan lainya bukan berarti mereka membeli produk untuk dikirim ke tempat asal sang pemesan, namun para pemesan produk florist bandung ini memesankan untuk dikirimkan ke salah satu rekan bisnis, kerabat, teman ataupun orang spesial yang berada di sekitar kota Bandung.
 
Sebagai seorang pengusaha atau pebisnis, Nurul Huda selaku pemilik jaringan beberapa toko bunga bandung, menyadari pentingnya arti pelayanan customer dan hal tersebutlah yang menjadikan usahanya sampai sekarang tetap eksis, baginya pelayanan dan kualitas adalah urat nadi hidup mati usaha floristnya.
 

Toko Bunga Bandung tidak akan pernah sepi, selama masih ada pembangunan dikota Bandung, selama masih ada pernikahan, selama masih ada peningkatan taraf hidup masyarakat, selama keindahan bunga masih terus mempesona, selama manusia menghargai dan menghormati jalinan pertemanan, selama masih ada cinta kasih dan selama takdir kematian manusia tetap ada.

http://www.kompasiana.com/wirtoyo/bisnis-florist-dan-toko-bunga-di-bandung_558a46e2957a61a91379ab7e

Share

Wirtoyo Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *