Dasar Dasar Memulai Sebuah Bisnis

Petunjuk Bisnis kali ini kita akan membahas mengenai dasar dasar atau pondasi bisnis, kita analogikan sebuah bisnis itu diibaratkan sebagai sebuah pohon, yang rindang yang memiliki daun lebat, dengan banyak cabang-cabang yang menjuntai kesegala arah, yang mana masing-masing cabang diharapkan dan dipenuhi dengan buah yang segar yang menghasilkan rasa yang enak. Nah didalam membangun sebuah bisnis yang kita analogikan sebagai pohon tadi, tentunya kita harus memiliki fokus untuk menciptakan sebuah visi.  lantas gambaranya seperti apa?, itulah yan disebut dengan visi jadi anda harus memikirkan gambarnya seperti apa, bagaimana cabangnya dan macam-macam jenisnya yang mungkin belum terbayangkan.

Jika kita melihat sebuah karya besar yang bermanfaat bagi umat manusia sekarang ini, semuanya itu berawal dan dimulai dari imajinasi atau impian, sebut saja pesawat terbang dan handphone awalnya tidak terpikirkan manusian bisa terbang dan bisa berkomunikasi lintas negara dan lintas benua, akan tetap karena ada visi dan imajinasi yang kuat maka terciptalah sebuah pesawat terbang dan handphone

Jika kita memulai bisnis agar bisa kokoh hal yang kita pikirkan terlebih dahulu adalah bagaimana supaya bisnis itu bisa kokoh, setiap sesuatu yang kita tanam harus kita sadari terlebih dahulu bahwa yang akan tumbuh adalah akar, akar inilah yang disebut pondasi, seperti halnya analogi pohon tadi

1. PONDASI

Apa yang disebut dengan Pondasi?, untuk membentuk suatu bangunan apapun fokus utama yang dibangun adalah pondasi, seperti halnya analogi pohon diatas, akar adalah pondasi untuk memperkokoh batang phon yang nantinya akan tumbuh, untuk menciptakan pondasi sendiri yang kita butuhkan pertama adalah:

Visi dan Misi, 

Visi adalah sesuatu yang mungkin belum tergambar dan masih dalam imajinasi tapi anda benar-benar ingin mewujudkan dan menggapai itu. Contohnya salah satu bisnis pengusaha jaman sekarang belum terpikirkan bisnis yag secara online bisa mengakses keseluruh orang didunia, visi itu sesuatu yang tidak ada menjadi ada. sementara misi adalah misi anda sendiri didalam bisnis anda adalah apa?, contoh bisnis berbasis online dari perusahaan amazon.com  sebuah toko yang menjual produk segala ada dari yang terkecil sampai yang paling berat didunia ada.

Money/Keuangan

Maksudya adalah anda harus tau bahwa dalam sebuah bisnis itu minimal anda punya target untuk mencapai targetnya berapa banyak, contoh anda menjual produk barang atau jasa anda harus menentuukan kira-kira brapa besar potensi omset dan marjin yang akan didapat. contoh misal anda punya keinginan bisnis fashion anda ingin punya visi membuat bisnis toko online jual baju, kemudian anda cooba beli baju disalah satu marketplace anda melihat baju yang ada disitu seharga Rp.35 ribu, kemudian anda menjualnya diwebsit bisnis online anda, nah dari situ ada selisih yang menguntungkan, brarti dari situ anda sudah bisa mempunyai gambaran keuntungan dan potensi uang yang didapatkan dalam menjalankan bisnis tersebut. demikian juga dalam bidang jasa, misalkan anda jago elektronik dan teknisi komputer, anda membantu temen anda yang punya masalah kerusakan teknisi dan komputer kemudian anda diberikan uang tips sebagai hasil jasa teknisi, kemudian anda terbesit bisnis ide bagaimana caranya anda menjual jasa teknisi anda, nah dari situ tentunya anda sudah punya gambaran potensi keuntangan jika anda menjalankan bisnis tersebut.

Kwalitas.

Apapun bisnis anda kualitas sangat penting, jadi kualitas adalah sesuatu yang lebih bermanfaat untuk konsumen, artinya jika anda bener2 melakukan, misalnya anda mempunyai jasa kualitas cleaning servis apakah bener2 berkualitas atau tidak, sama tidak dengan apa yang ditawarkan dengan hasilnya, kualitas sendiri terkadang dikompire dengan harga, jika anda bilang harga anda bagus maka seberapa bagus produk anda dengan hasil yang sudah diuji. jadi jangan sampai anda mengatakan harga anda bagus akan tetapi hasil yang anda kerjakan tidak bagus.

2. MARKETING, SERVICE DAN BRANDING

Dalam hal ini kenapa kita tidak membicarakan tentang sale karena sale itu adalah definsinya bukan kita menjual, tetapi sebenenya kita membantu orang yang membutuhkan produk tersebut itulah sale, seorang professional sale bukan mereka yang banyak berbicara akan tetapi mereka yang banyak bertanya dan menggali kebutuhan orang tersebut/konsumen dan akhirnya orang tersebut mendapatkan informasi yang dibutuhkan itulah sale, maka dalam hal ini kita menyebutnya sebagai servis.

Marketing adalah memberikan orang lain tentang sebuah informasi yang dibutuhkan dan infromasi yang diberikanpun juga harus mmberkan solusi dari masalah yang dihadapi,

Branding, adalah tentang bagaimana customer anda bebicara tentang bisnis anda, branding tidak akan serta merta terbentuk dalam waktu singkat. akan tetapi butuh proses. dan untuk saat sekarang bisnis anda harus dijalankan dengan hati tujuanya apa..? yaitu agar proses yang terbentuk bisa menjadi branding yang akan memarektingkan produk anda dengan sendirinya.

3. SYSTEM

Kunci pokok dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan adalah menciptakan sistem. Sistem inilah yang sendirinya akan menjadikan perusahaan memiliki siklus bisnis yang tepat sehingga bisa menjadi sebuah bangunan bisnis yang kokoh. Sistem bisnis bisa juga disebut sebagai sekelompok komponen atau elemen yang disatukan menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan bisnis yaitu mendapatkan keuntungan atau profit.

Membangun kerajaan bisnis memang tidak mudah, pertama kali mungkin Anda harus terjun di dalamnya dengan jam kerja yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Namun dengan adanya sistem, Anda bisa meninggalkan kerajaan bisnis ini tanpa takut akan runtuh. Hal ini yang menjadi salah satu pertanda bisnis Anda telah matang atau belum.

 

Share