Media Sosial Marketing Alat Promosi Andalan Bisnis Online

Kali ini PetunjukBisnis.com akan menjelaskan kepada anda bagaimana anda dapat menghasilkan uang dari sosial media, kami akan menjelaskan kepada anda apa itu sosial media, Sosial media adalah sesuatu hal atau tool atau website atau tempat dimana banyak orang yang berbagi informasi di internet, Sosial media yang ada diinternet diantaranya adalah Facebook, Twitter google plus, dll. ketiga sosial media tersebut yang terdapat di Indonesia ada juga Instagram ataupun Linkedid,  Sosial Media banyak digunakan oleh para marketer pada saat ini.

Berbeda pada tahun 2000an dimana sosial media masih belum booming hanya ada Friendster dan blog dan itu sangat sulit untuk menjangkau market, sangat berbeda dengan saat ini dimana semua orang sudah banyak yang mengakses internet karena kebutuhan dan perkembangan teknologi informasi selain mencari informasi merekapun berbagi informasi melalui media sosial dan bukan hanya itu saja media sosial juga dijadikan ajang curahan hati dan komentar terhadap bebagai isu dengan menulis status dimedia sosial yang mereka gunakan.

Dari fenomenaa media sosial seperti tersebut diatas tentu ini akan menjadikan peluang besar bagi para marketer untuk memperkenalkan produk yang mereka jual, melalui media sosial ini bagi yang memiliki budget pas-pasan untuk promosi produk bisa dipromosikan lebih murah ataupun gratis dengan memanfaatkan media sosial sebagai kegiatan marketing inilah yang disebut sebagai Media Sosial Marketing.

Apa Manfaat Keuntungan Sosial Media Marketing

1. Sangat Mudah di Setup. Tidaklah sulit bagi kita untuk menggunakan Sosial Media bahkan yang semula sosial media identik bagi orang yang memiliki pengetahuan teknis terkait teknologi komputerpun anggapan tersebut tidak benar nyatanya saat ini media sosial menjangkau semual lapisan masyarakat dari bermacam latar belakang pendidikan dan usia, mereka bisa menggunakan Sosial Media

2. Banyak Fasilitas Tools. Fitur atau Tool-tool yang ada pada sosial media yang disediakan menjadikan penggunaan sosial media terbantukan dalam penyampaian pesan yang ia curahkan, fitur-fitur yang ada seperti halnya tombol like, unlike dan yang lebih besar lagi berupa tool yang ada pada Facebook adalah menu Chat Messanger, Group, Page, dan aplikasi manajemen iklan untuk promosikan Fan Page pengguna Facebook

3. Sangat Komunikatif. Bagi pengguna sosial media keberadaan Sosial media sekarang sudah merupakan hal yang lazimnya seperti alat komunikasi lainya seperti halnya Handphone, untuk itulah bahasa yang disampaikanpun bisa sangat komunikatif artinya status anda akan langsung diterima dan karena sosial media ini bersifat sosial networking atau jariangan antar pertemanan yang mana sudah
diketahui sebelumnya.

4. Langsung Menjangkau Market. Karakteristik media sosial dapat dilihat dari tema dan pengguna yang terlibat dalam percakapan yang sedang dibahas pada saat itu, baik dari group ataupun hastag yang sedang menjadi tranding topik, dari situ dapat diketaui siapa-siapa saja yang bisa dijadikaan target pasar dari produk yang nantinya akan kita promosikan.

5. Lebih Friendly, Sosial media awalny dibuat untuk komunikasi antar teman dan temannya teman yang pada akhirnya terbentuk secara komunitas dan menyebar menjadi jejaring sosial, dengan konsep media sosial yang friendly maka pengguna tidak akan merasa canggung untuk berkomen ataupun update status karena mereka tau anda adalah real person orang yang benar-benar mereka kenal. 

6. Lebih Dipercaya, Status atau tema yang kita posting dilaman sosial media akan lebih terpercaya dari sumber yang pastinya kita kenal, real person disini artinya anda adalah memang benar sebagai pengguna yang terpercaya sesuai profile yang ada hal ini berdampak pada target promosi yang sedang kita bangun, kita harus memberikan

7. Langsung Viral, ketika anda mengupdate status dan langsung disukai itu artinya status anda langsung viral dan itu akan memberikan keuntungan bagi anda yang menggunakan sosial media marketing untuk menargetkan promosi yang sedang anda bangun.

Media Sosial Apa saja yang harus anda miliki

Jika anda seorang pebisnis online dan ingin berbagi informasi terhadap customer anda maka anda harus memiliki banyak media sosial, kenapa anda harus memiliki banyak media soaial? itu karena semakin banyak anda memiliki media sosial itu artinya anda juga memiliki banyak customer. Setidaknya adal 5 media sosial yang harus anda miliki yaitu:

1. Facebook

Sangat penting karena sosial media yang terbesar saat ini apalagi diIndonesia saat ini adalah Facebook, anda bisa liat dia disetiap HP atau smartphone ataupun komputer orang lain ataupun orang yang mungkin anda kenal maka biasanya mereka memiliki akun Facebook, apalagi fasilitas facebook yang saat ini sangat bagus, anda dapat menggunakan Fan Pagenya, anda dapat menggunakan groupnya bahkan anda bisa menggunakan layanan iklanya.

2. Twitter

Twitter ini merupakan sosial media juga yang dapat anda gunakan sebagai media promosi produk anda, untuk lebih mengetaui twitter mungkin anda bisa mengakses ke twiiter.com langsug disana anda dapat melhaat sosial media ini, twitter memang tidak sepopuler facebook karena twitter ini hanya saling bertautan tidak bisa langsung berkomunikasi,  pada twitter ini akan menampilkan trending topik yang sedang terjadi saat itu yang biasanya di tandai dengan tanda pagar hastag tertentu dan akan menjadi pembahasan para netizen, walaupun tidak sepopuler facebook namun twitter sangat bagus karena pengguna twitter sendiri di Indonesia sangat besar.

3. GooglePlus 

Google Plus adalah fasilitas yang diberikan oleh google bagi pengguna google pastinya, jika anda menggunakan akun Gmail maka secara otomatis anda akan mendapatkan akun google plus, google plus ini hampir mirip dengan facebook dan fasilitasnya juga hampir mirip dengan facebook, hanya saja google plus bisa mengakses seluruh fasilitas yang ada digoogle contohnya, google drive, google docs, google maps, google sheets dll.

4. Youtube

adalah media sosial yang berbasis video, mungkin anda tau bahwa untuk saat ini sosial media yang terkenal dengan berbasis video adalah youtube, karena dengan video orang akan lebih suka menonton dari pada membaca, ini sangat
bagus jika anda ingin memarketkan produk anda, anda dapat mengupload videonya dan ini akan sangat memberikan kemudahan bagi customer anda untuk mengetahui informasi dari produk yang anda tawarkan.

5. Instragram.

Sosial media yang berkaitan dengan gambar/foto apalagi instragram sangat bagus dan populer di Indonesia, anda dapat meenggunakan sosial media ini untuk memberikan gambar dari produk anda ataupun dari informasi yang anda berikan

Itulah kelima sosial media yaang harus anda miliki, ini sangat penting agar anda bisa mnjangkau market yang lebih luas.

Share

Wirtoyo Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *