Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan

Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan

Peluang Bisnis di Bulan RamadhanKeberkahan bulan Ramadhan bukan hanya terasa saat kita menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainya saja yang menjadi kemulian tersendiri bagi umat muslim di dunia, tidak hanya itu saja keberkahan Bulan mulia itu juga mampu menggerakan perekonomian umat dengan adanya peningkatan dan indikator sektor bisnis baik sekala mikro maupun makro. Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan mungkin merupakan salah satu keberkahan tersendiri dari bulan yang diagungkan dan dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, beberapa peluang bisnis musiman ini bisa menjanjikan keuntungan besar jika dikerjakan dan dilakukan dengan manajemen yang baik dan benar tentunya juga dengan niat ibadah serta mengharapkan keberkahan di Bulan Ramadhan, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 2018 petunjukbisnis.com kali ini akan memberikan ide bisnis musiman di Bulan suci Ramadhan yang mungkin bisa memberikan ide bagi anda untuk membuka sampingan usaha anda, berikut usaha di bulan Ramadhan:

Paket Makanan Untuk Berbuka Puasa

Setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa mereka pasti akan mengakhiri waktu ibadah puasanya dengan berbuka puasa pada saat tibanya waktu sholat maghrib, dan sebelum waktu maghrib tiba biasanya mereka bersiap-siap mencari makanan untuk berbuka puasa atau biasa yang disebut dengan takjil, nah hal ini dapat anda manfaatkan untuk membuka peluang bisnis dengan menjual aneka hidangan atau makanan yang cocok untuk berbuka puasa, mulai dari aneka takjil dan makanan sehat serta berenergi yang bisa memulihkan stamina bagi mereka yang seharian menjalankan ibadah puasa. Cara menjualnya kita dapat menjualnya di pasar kaget, pinggir jalan yang menjadi keramaian lalu lalang orang, atau kita juga bisa menjual melalui online dengan menggunakan social media.  

Bisnis Kue Lebaran

Dipenghujung bulan Ramadhan biasanya aktifitas perekonomian akan meningkat drastis hal ini ditandai dengan kesibukan masyarakat dalam menyambut datangnya hari raya Idhul Fitri atau hari raya lebaran. Kesibukan masyarakat dalam mempersiapkan datangnya hari raya lebaran khususnya umat muslim ditandai dengan aktifitas mereka mempersiapkan kue-kue lebaran dan makanan sebagai persiapan untuk bawaan ketika mereka berkunjung ke sanak saudara ataupun persiapan jika ada saudara yang berkunjung atau bersilaturahmi ke rumah.

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat aneka kue kering, maka momen tersebut mungkin dapat anda tangkap sebagai peluang bisnis di Bulan Ramadhan, anda bisa mencoba membuat atau menawarkan, Nastar, Putri Salju, Kastengel dan aneka kue kering lainya yang sekiranya masih banyak peminatnya.   

Menjual Paket Parcel Lebaran

Parcel merupakan hadiah atau pemberian berupa paket bingkisan yang berisi beberapa aneka dan jenis makanan ataupun buah-buahan serta minuman yang dikemas secara indah dalam sebuah keranjang atau tempat khusus untuk paket parsel, paket parsel ini biasanya diberikan kepada seseorang yang dianggap spesial.

Jika anda memiliki keahlian dalam menghias atau membuat paket parsel, ide bisnis ini bisa anda jalankan sebagai bisnis sampingan di bulan Ramadhan karena pada umumnya parsel ini akan diberikan bukan hanya atas nama perorangan tapi juga mengatasnamakan perusahaan ataupun organisasi sebagai bentuk menjalin silaturahmi klien ataupun relasi bisnis, maka tidak heran jika peluang usaha menjual paket parsel lebaran ini akan menjadi potensi besar dibulan Ramadhan

Jual Baju Muslim

Sudah menjadi tradisi dimasyarakat kita, dalam menyambut hari raya lebaran umumnya semuanya disambut dengan nuansa serba baru, tidak terkecuali dalam berbusana, setiap orang akan mengenakan busana barunya pada saat datangnya hari raya lebaran dan bersilaturahmi ke sanak saudara, walaupun dalam esensi sebenarnya hari raya idhul fitri bukan ditunjukan dengan tampilan busana yang serba baru, tapi bagi sebagian besar masyakarat akan menganggap aneh jika dalam menyambut lebaran kita berpanmpilan biasa saja.

Jika anda ingin mencoba salah satu bisnis sampingan di bulan suci Ramadhan anda harus bisa membaca kondisi seperti tersebut diatas, anda bisa membuka usaha jual baju muslim, jual gamis, jual perlengkapan solat, sarung, mukena, jilbab dan perlengkapan lain yang berhubungan dengan bulan Ramadhan dan hari raya Lebaran.

Bisnis Rental Kendaraan Transportasi

Salah satu fenomena musiman di penghujung bulan suci Ramadhan adalah kegiatan mudik, tradisi mudik lebaran ini adalah sesuatu yang sangat dinantikan bagi para perantau untuk pulang kampung bertemu dengan keluarga dan saudara baik sekedar untuk bersilaturahmi maupun melepas kangen dengan keluarga, bagi para pemudik yang akan pulang kampung tentunya akan mencari solusi transportasi apa yang akan digunakan untuk mengangkut mereka pulang kampung, apakah mau menggunakan moda transportasi umum, kendaraan pribadi ataukah menggunakan jasa rental kendaraan.

Peluang seperti ini bisa anda tangkap sebagai ide bisnis untuk membuka jasa rental kendaraan transportasi, anda bisa menyewakan kendaraan seperti mobil, mini bus, kendaraan roda dua, atau jasa travel untuk mengangkut pemudik pulang kampung, anda bisa menyasar target pemudik yang tidak memiliki kendaraan pribadi tapi punya banyak keluarga dan mereka ingin pulang kampung untuk merayakan lebaran di kampung.

Membuka Bisnis Laundry

Kesibukan dibulan suci Ramadhan memang tidak seharusnya menjadi alasan untuk beraktifitas, akan tetapi kenyataan pada masyarakat modern dimana kesehariannya selalu padat dengan berbagai pekerjaan dan aktifitas umumnya tidak memiliki banyak waktu untuk hanya sekedar mencuci pakaianya sendiri.

Kesibukan di Bulan suci Ramadhan juga bisa lebih padat dari sebelumnya, dalam hal ini kita bisa mengambil ide sebagai peluan untuk membuka jasa pencucian pakaian atau laundry untuk membantu menawarkan solusi dalam meringankan beban mereka yang memiliki aktifitas kesibukan selama bulan suci Ramadhan.

Penyedia Jasa Pembantu Infal

Mudik saat hari raya lebaran sudah menjadi tradisi yang dilakukan mayoritas penduduk di wilayah perkotaan. Tak terkecuali, mudik juga dilakukan para pembantu rumah tangga (PRT). Inilah yang terjadi saat musim mudik Lebaran banyak asisten rumah tangga tersebut mudik Lebaran ke kampung halamannya, akibatnya sang majikan kelabakan. Yang tidak biasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga akan repot jadinya, belum lagi kalau bagi ibu rumah tangga yang bekerja di kantoran. Siapa yang jaga anak?

Kondisi tersebut diatas dapat dijadikan peluang bisnis untuk menyalurkan jasa pembantu infal atau pembantu yang jasanya hanya digunakan sesaat pada musim lebaran,

Itulah tujuh ide bisnis yang dapat anda jalankan sebagai bisnis musiman sekaligus juga sampingan yang jika dilakukan dengan baik dan dengan perencanaan matang serta manajemen yang baik pula Insha Allah akan menjadi sumber pendapatan yang akan membawa keberkahan dibulan Ramadhan

Share