Penyebab Kegagalan Iklan Adwords

Penyebab Kegagalan Iklan Adwords

Salah satu media iklan online yang sangat potensial dan cukup efektif yang bisa anda gunakan sebagai Marketing Tool dalam bisnis anda adalah Google Ads, akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan iklan yang kita pasang juga bias mengalami kegagalan, berikut ulasan petunjukbisnis.com yang akan menganalisa penyebab kegagalan dalam Iklan Adwords:

1. Minimnya Pengetahuan tentang dasar-dasar Periklanan Adwords

Google Adwords merupakan media iklan online yang cukup terjangkau dan memiliki visitor yang tertarget, namun jika anda salah strategi dalam memasang iklan maka potensi kerugian dapat dipastikan dialami oleh anda yang memasang iklan. Jika anda minim pengetahuan akan Adwords dan kurang dalam melakukan riset pasar untuk bisnis anda maka anda akan lebih rentan mengalami kegagalan. hal tersebut itulah yang menjadi peluang bagi para ahli professional dibidang SEO dan jasa iklan online untuk membuka jasa layanan iklan Google Adswords, jika anda ingin memperkecil potensi kerugian dalam beriklan di Adswords maka pilihan menggunakan Jasa Professional ini, bisa jadi solusi anda sebelum anda benar-benar paham dengan google Adwords

2. Penggunaan Potensial Keyword Cukup Mahal

Potensial keyword merupakan salah satu kata kunci yang paling banyak dicari, hal ini membuat kata tersebut memiliki harga perklik yang cukup mahal.

Google Adwords menawarkan visitor yang tertarget. Berikut beberapa cara penargetan dalam Google Adwords :

  • Kata kunci/keyword : kata-kata/frase yang relevan dengan produk dan layanan yang anda tawarkan
  • Tempat iklan : menampilkan iklan anda di search engine/mesin pencarian, website komersial dan website pribadi,dll.
  • Usia, lokasi, bahasa : anda dapat menentukan batasan usia, lokasi dan bahasa yang digunakan pelangggan anda
  • Hari, waktu, frekuensi : anda dapa menentukan seberapa sering iklan anda muncul.
  • Jenis Perangkat : anda dapat menentukan di perangkat digital mana saja iklan anda ditampilkan.

Mau tidak mau iklan Google Adwords akan berbicara tentang persaingan kata kunci/keyword, semakin tinggi tingkat persaingan kata kunci yang anda gunakan maka semakin mahal harganya. Dengan kata lain jika anda menargetkan keyword yang potensial maka anda harus memiliki budget yang cukup besar.

3. Tidak mengenal pesaing anda

Pada dasarnya pemasang iklan Adwords itu bersaing untuk kata kunci yang sama yang mereka gunakan.Setiap kali ada pengunjung yang mencari kata. Frase ataupun kalimat di Google, maka Google akan menjalankan bidding/lelang secara otomatis yang akan menentukan iklan siapa yang muncul di posisi yang mana. Anda harus mengenali pesaing anda untuk keyword yang sama, anda harus lihat persaingan ketat atau tidak. Seringkali penyebab gagalnya iklan anda adalah karena anda tidak mengenal pesaing anda.

4. Salah memilih metode biaya iklan

Berikut ini metode perhitungan biaya iklan dalam Gogle Adwords :

a. Cost Per Click (CPC) / biaya per klik

Anda akan dikenakan biaya jika iklan anda diklik pengunjung, namun jika tidak yang meng-klik iklan anda maka anda tidak akan terkena biaya.

b. Cost Per Thousand Impressions (CPM) / biaya perseribu tayang

Anda akan dikenakan biaya setiap 1000 tayang / iklan anda tampil.

c. Cost Per Acquisitions (CPA) / biaya per akuisisi

Anda akan membayar jika sasaran iklan anda terpenuhi, misalnya : pendaftaran member, penjualan, lama waktu kunjungan, dll.

Salah memilih metode biaya iklan maka akan membuat biaya pengeluaran anda membengkak. Seringkali kegagalan iklan terjadi karena pemilihan metode biaya iklan yang keliru.

Dari ketiga metode CPC lebih banyak digunakan karena dirasa cukup fair bagi pemasang iklan. Menentukan metode mana yang lebih sesuai sebenarnya tergantung tujuan yang ingin anda capai dari iklan yang anda pasang.

5. Terlalu banyak link

Jika iklan anda terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan itu akan di-banned secara permanen. Jadi perlu berhati-hati dalam memasang iklan. Perhatikan juga TOS mereka agar anda tidak melanggar peraturan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai mengapa iklan adwords bisa gagal, semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang akan melakukan kampanye iklan dengan menggunakan Google Adwords.

Share