Seni Menjadi Yang Pertama

Seni Menjadi Yang Pertama

Petunjukbisnis.com kali ini akan membahas tentang seni menjadi yang pertama, bagaimana rasanya kita menjadi yang pertama..?, tentu akan sangat membanggakan sekali. Bayangkan ketika anda bangun tidur sementara yang lain masih tertidur pulas kemudian bergegas kemeja makan dan melihat sajian sepotong roti panggang keju coklat dan segelas susu hangat, kira-kira siapa dulu yang mendapatkan rezeki nomplok itu?, pasti lah anda orang pertama yang berkesempatan memakan dan meminum susu hangat itu. Karena orang pertama yang ada ditempat itu adalah anda.

Menjadi pioneer atau menjadi orang pertama itu akan sangat menguntungkan. Pun didalam bidang bisnis menjadi pertama itu tidak dapat dielakan lagi. Bayangkan jika produk yang anda tawarkan dan anda jual belum pernah ada sama sekali di pasaran, maka produk anda akan menjadi sangat berbeda dengan demikian apabila produk anda benar-benar dibutuhkan banyak orang, maka andalah orang yang sangat beruntung karena anda akan menjadi referesni pencarian oleh banyak orang atau konsumen hal ini dikarenakan anda tidak memiliki competitor dan anda juga bisa memiliki hak cipta yang besar atas penemuan tersebut.

Cara menjadi pioneer atau yang pertama dizaman yang serba ada ini adala dengan cara menciptakan variasi produk sebagai berikut:

  • Menciptakan produk atau jasa yang sebelumnya belum diciptakan oleh perusahaan atau orang lain
  • Melakukan promosi yang berbeda dan unik yang sebelumnya belum pernah ada dan belum pernah dilakukan oleh kompetitor atau pesaing anda.
  • Memilih target market yang belum pernah dibidik oleh kompetitor anda, pastikan andalah orang pertama yang akan melayani pasar.
  • Membuat variasi total jika memanng anda bukan orang pertama yang menemukan produk atau jasa tersebut.

Jadilah yang pertama

Menjadi yang pertama pastilah akan sangat menguntungkan karena hal ini akan dicatat sebagai sejarah yang akan tertancap kuat diingatan banyak orang (memorable), namanya akan lebih mudah diingat karena berada diurutan pertama yang sering disebut-sebut, setiap orang pasti akan mengenal aqua sebagai kemasan air mineral karena aqua-lah produk kemasan air pertama yang hadir dimasyarakat Indonesia, padahal sampai saat ini produk air mineral kemasan bukan hanya Aqua saja.

Al Ries dan Jack Trout dalam bukunya yang legendaris “Positioning the battle for Your Mind”, cara mudah untuk masuk ke pikiran seseorang adalah dengan cara menjadi yang pertama atau nomor satu. Karena itulah menurutnya Nama orang pertama yang anda cintai itu akan lebih mudah diingat dibandingkan dengan nama mantan-mantan anda yang lain.

Bagaimana Jika anda Tidak Bisa Menjadi Nomor Satu?

Apa yang anda miliki berupa ide, keahlian atau keterampilan bisa dijadikan sebagai modal untuk menjadi orang yang pertama dalam merombak total produk yang sudah ada dipasaran, mungkin anda memiliki keahliaan dalam meramu Ayam Goreng, akan tetapi anda meniru bumbu KFC maka sama saja anda menjadi orang yang kesekian dan akhirnya produk anda tidak bisa diingat oleh banyak orang, karena apa?, karenaa bumbu yang anda buat sudah pasaran dan sudah ada yang nomor satu yaitu KFC, carilah diferensiasi produk yang akan anda tawarkan. Contohlah Ny. Suharti pedagangan ayam goreng kremesan asal Yogyakarta, beliau memang menggoreng ayam sama halnya dengan KFC, tapi ada yang berbeda dan inila difrensiasi produk yang dilakukan oleh Ny. Suharti, jika KFC menggoreng ayam dengan balutan tepung terigu beda dengan Ny. Suharti yang menggoreng ayam dengan balutan tepung kanji yang lebih sulit untuk diolah, dari diferensiasi tersebut akhirnya Ny. Suharti cukup sukses menjadi rumah makan pertama yang menggunakan tepung kanji unuk menggoreng ayam.

Nah..  salah satu cara menjadi nomor satu ketika poduk yang ada sudah menjadi pioneer adalah dengan cara mencari celah lain, jika memang tepung terigu sudah lazim dan direbut oleh KFC, bagaimana dengan tepung kanji.  Apa yang dilakukan Band musik padi pada awal tahun 2000-an sudah benar. Memang The Beatles adalah group musik pertama yang manggung di atas atap. Tapi, group musik asal Indonesia yang pertama kali manggung di atas atap adalah Padi- dan orang akan mengingatnya seperti itu. Mereka di untungkan dengan predikatnya sebagai group musik dari Indonesia.  Beda cerita jika group musik Padi berasal dari Inggris, pastinya Padi merupakan group musik nomor kesekian dan susah untuk diingat orang, sebab The Beatles adalah yang pertama.

Share