Strategi Marketing dengan Facebook

Strategi Marketing dengan Facebook

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia. Pengguna Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain dari Indonesia menempati porsi yang cukup besar dari keseluruhan pengguna media sosial tersebut, dan dari sekian banyak sosial media, Facebooklah yang paling populer. Karena kepopulerannya inilah media sosial Facebook bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan strategi bisnis, melalui Strategi Marketing dengan Facebook ini dapat memperluas jaringan dan memasarkan produk.

Dalam menerapkan strategi marketing dengan facebook ini, petunjukbisnis.com akan memberikan tips-tips yang akan dapat membantu anda dalam menggunakan facebook sebagai media marketing:

1. Membuat Profile yang Menarik

Kepercayaan orang lain akan semakin meningkat ketika melihat profil anda bagus dan professional sehingga ketika anda menawarkan produk atau postingan maka orang lain tidak memiliki keraguan akan apa yang anda tawarkan, untuk membuat profil yang menarik dan terlihat bagus maka yang harus anda lakukan adalah memasukkan foto profiel anda, beri informasi tentang diri anda, website anda, pengalaman kerja, hobby anda, pendidikan anda, no handphone, email dan lain-lain.

2. Memperbanyak Pertemanan

Di Facebook anda dapat melihat teman dari teman anda. Oleh karenanya, bangun pertemanan dengan mereka juga. Orang lebih mudah percaya kepada orang yang memiliki hubungan dengan mereka. Temukanlah teman-teman lama anda, teman semasa sekolah dulu dan teman yang jauh disana bina kembali hubungan persahabatan/pertemanan yang lama hilang.

3. Bergabung di Group dan Buatlah Group Anda Sendiri

Group pada facebook adalah sebuah komunitas yang memiliki kesamaan visi, hobi dan kesenangan yang sama terhadap suatu hal. Dalam hal ini anda bisa bergabung di grup yang memberikan pelatihan/course, membangun bisnis, mentor yang membagi pengalaman mereka dll. Anda juga bisa membuat grup sendiri, anda akan memiliki teman-teman yang memiliki ketertarikan dan hobi yang sama. Dengan begitu anda membuat kontak dengan banyak orang dan lihatlah bagaimana bisnis anda tumbuh. Buatlah grup yang menarik banyak minat orang, semakin aktif grup maka semakin baik. Mulailah dengan hal-hal yang anda sukai, misalnya grup bercocok tanam, grup sepakbola, grup bisnis olshop, grup pecinta film, dll. Buatlah member grup anda ikut berinteraksi didalamnya.

4. Membagi Link Blog / Website

Jika anda pemilik website atau blog yang membahas atau menjual produk atau jasa tertentu maka Anda bisa share link website anda kedalam group yang anda ikuti, dengan begitu anda akan mendatangkan pengunjung di blog/website anda. Semakin banyak yang membaca blog dan website anda semakin berkembang bisnis anda. Selalu perbarui blog/website anda, anda akan lihat akan ada orang-orang yang jadi pembaca setia anda yakni mereka yang selalu mengikuti apa yang anda tulis, berikan informasi yang bermanfaat buat mereka selanjutnya anda akan mudah melakukan sales marketing.

Berikut adalah Strategi Marketing dengan Facebook yang paling efektif yang dapat anda gunakan untuk meraih kesuksesan bisnis anda di Facebook. Berikut strategi-strategi yang dapat anda terapkan:

  1. Memanfaatkan traffic website anda dengan menempatkan ikon media sosial, yang diarahkan ke halaman akun facebook anda.
  2. Gunakan signature e-mail anda untuk menampilkan URL Facebook Fan Page anda.
  3. Mengirimkan e-mail blast
  4. Promosikan Halaman Facebook anda di toko online anda.
  5. Tentukan hari yang terbaik untuk memposting konten.
  6. Membuat dan update status jadwal.
  7. Gunakan Facebook Plugin untuk dengan mudah meningkakan fans anda.
  8. Gunakan Facebook Ads untuk membantu anda mencapai hasil yang anda inginkan untuk bisnis anda.
  9. Berpikir di luar kotak dan menciptakan kontes Facebook.
  10. Tag pengguna lain dan halaman dengan menggunakan fitur @ di Facebook
  11. Mengembangkan tab halaman custom atau aplikasi untuk kupon, diskon, dan setiap penawaran eksklusif lainnya. Anda juga dapat menggunakannya untuk newsletter dan tujuan kampanye lainnya.
  12. Mengintegrasikan tombol berbagi media sosial di halaman website anda.
  13. Terlibat dengan lainnyadi Facebook Pages.
  14. Gunakan Gambar dan Video untuk update konten anda
  15. Membuat atau bergabunglah dengan Facebook Groups

 

Itulah strategi dan tips Marketing dengan Facebook yang mungkin bisa anda jadikan referensi dalam mengembang bisnis anda di era media sosial ini, semoga artikel ini bermanfaat, silahkan share link ini jika menurut anda bermanfaat.

Share