Strategi Pemasaran Dengan Youtube

Strategi Pemasaran Dengan Youtube

Petunjukbisnis.com kali ini akan membahas mengenai strategi pemasaran dengan youtube produk dengan memanfaat media social Youtube. Disini kami akan menunjukan kepada anda cara menghasilkan uang dari media sosial yang berbasis video ini, jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari sosial media ini maka yang harus anda lakukan adalah mengunggah konten video anda yang bersifat unik dan original dan menarik ke youtube

Beberapa hal yang harus anda lakukan agar bisa menjadi mitra Youtube dan menghasilkan uang dari layanan mereka. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube

Silahkan daftar email dari google (gmail). Jika anda sudah memiliki anda bisa login ke akun Google anda (gmail), setelah itu buka situs www.youtube.com.Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube. Anda bisa gunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti anda akan diarahkan ke halaman baru.

2. Upload Video Secara Rutin

Rajinlah mengupload video, anda perlu terus update video. Youtube sendiri menginginkan kerjasama jangka panjang dengan para mitranya dan Youtube sangat menghargai mereka yang secara teratur mengupload video baru.

3. Pastikan Video Anda Tidak Melanggar Hak Cipta

Untukbisa menghasilkan uang dari Youtube, konten video anda haruslah original. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai backsound. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Ingat, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel Youtube anda karena hal tersebut bisa membuat akun anda bermasalah di kemudian hari. Tentu anda tidak ingin kalau akun anda dibanned bukan?

4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

  • Seringlah mengupload video yang bermanfaat, unik, menarik dan berkualitas baik. Sebaiknya video yang anda upload memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas tidak pecah-pecah.
  • Fokus upload konten video yang sesuai dengan niche atau minat anda. Misalnya konsisten membuat video parodi. Jika anda konsisten maka subscriber anda akan bertambah banyak. Dengan begitu channel anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.

5. Perbanyak dan Kembangkan Audiens Video Anda

Perbanyaklah viewer dan subscriber Channel anda. Ajak viewer anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube anda. Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial, seperti facebook, twitter,dll. Jika konten video anda benar-benar bagus, maka viewer dan subscriber tidak sungkan-sungkan men-share video anda diakun media sosial mereka.

6. Mendaftar Ke Google Adsense

Inilah bagian yang paling penting yaitu Google Adsense. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Hubungkan akun Google Adsense anda ke akun Youtube anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun Youtube, maka anda tinggal menunggu penghasilan yang masuk dari video-video anda.

Berikut ini strategi marketing youtube yang bisa anda terapkan :

  1. Memiliki nama channel yang berarti dengan kata kunci yang menjadi target anda. Gunakan kapitalisasi dalam nama channel sehingga jelas. Jika Anda memulai saluran YouTube tentang hijab, DailyHijabStyle adalah nama channel yang lebih baik daripada dailyhijabstyle23.
  2. Masukkan judul untuk channel tersebut. Secara default nama saluran juga merupakan judul dari channel tetapi anda dapat mengeditnya dalam pengaturan channel.
  3. Masukkan link ke website anda dalam channel. YouTube memungkinkan menambahkan lebih dari satu link di sidebar channel anda.
  4. Saat meng-upload video, masukkan tag dengan hati-hati. Masukkan kata kunci kompetisi rendah. Kata kunci ini dapat ditemukan diluar dari AdWords Keyword Tool. Anda juga dapat memasukkan tag dari video lainnya sehingga video anda akan muncul video yang terkait saat video tersebut ditonton.
  5. Jika Anda membuat infomovies (video dengan slide dan pengisi suara) menggunakan PowerPoint atau Keynote, pastikan bahwa anda memiliki latar belakang custom unik untuk slide anda. Background dapat berisi URL situs anda pada sudut kanan atas atau sudut kanan bawah. Dengan teknik ini anda bisa mendapatkan pengunjung bahkan jika video anda ditampilkan di situs lain terlebih saat deskripsi anda dan link di dalamnya tidak muncul.
  6. Jika Anda membuat video screencast, mencoba merekam layar pada 640 × 360 (16: 9) sehingga video tidak muncul dan kabur. Jika anda tidak dapat melakukannya di 360p, anda dapat membuatnya di 480p (854 × 480). Jangan meng-upload video screencast di 720p kecuali jika anda tidak memiliki pilihan lain.
  7. Gunakan anotasi di video Anda. Anda dapat menghubungkannya untuk berlangganan halaman, halaman saluran, video YouTube lain atau hanya meminta pengunjung untuk mengunjungi URL anda untuk informasi lebih lanjut. Perhatikan bahwa anda hanya dapat menggunakan YouTube link internal di anotasi, menghubungkan eksternal tidak diperbolehkan.
  8. Memanfaatkan tren YouTube. Anda dapat membuat video untuk niche anda terkait dengan video tren dan bisa meningkatkan viewer pada video anda. Kunjungi YouTube-trends.Blogspot.com (blog resmi YouTube) untuk melihat video trending terbaru.
  9. Upload video berkualitas tinggi secara konsisten
  10. Jangan terlalu agresif dengan pemasaran di YouTube.
  11. Jangan meng-upload video lebih dari 10 menit. rentang perhatian dari pengguna di YouTube sangat rendah. Dalam pengalaman saya 1-2 menit video paling baik untuk YouTube. Jika Anda memiliki sesuatu yang signifikan untuk disampaikan ada baiknya anda membagi video menjadi 2-5 bagian dan upload dengan kata kunci dengan judul yang unik. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan lebih banyak pemirsa untuk video anda.
  12. Video kontroversial menarik banyak perhatian di YouTube. Namun pastikan untuk menyediakan beberapa konten berkualitas setelah anda menarik pemirsa menggunakan judul yang kontroversial.
  13. Luangkan waktu setiap hari untuk meninggalkan komentar berguna dalam video terkait.
  14. Setiap video yang anda upload memenuhi syarat untuk menjadi respon video ke beberapa video lainnya. Temukan beberapa video terkait di niche anda, anda bisa mengeposkan tanggapan video menggunakan salah satu video anda.
  15. Memiliki akun Google terpisah untuk channel YouTube anda sehingga bahkan jika akun anda akan dibanned, layanan lain tidak terpengaruh.

Demikian strategi pemasaran melalui channel youtube, smoga apa yang kami sampaikan dapat menjadi manfaat bagi anda dalam membangun bisnis diera sosial media ini.

 

Share